Pengertian Bitcoin dan Cara Mendapatkanya

Selamat Pagi



Pada Kesempatan Kali ini saya ingin berbagi ilmu pada kalian yang gak begitu paham apa itu Bitcoin. siapa itu Bitcoin. kenapa harus Bitcoin. Tapi jika kalian sudah mengerti dan mengenal apa itu Bitcoin alangkah baik dan bijaknya jika kalian bisa membaca ini sampai selesai. Bagi kalian yang belum tau Bitcoin. langsung baca artikel ini sampai selesai.

Apa Itu Bitcoin?

Bitcoin merupakan mata uang digital yang ditemukan / diciptakan oleh satoshi nakamoto pada 3 januari 2009. terciptanya bitcoin ini merupakan anomali cryptography yang bernama SHA-256 yang memiliki sifat terdesentralisasi. Jadi Bitcoin ini tidak terikat oleh otoritas pemerintah atau lainya. Oleh sebab itu harga bitcoin bisa terbilang fluktuatif karena dipengaruhi oleh permintaan pasar.

Fungsi bitcoin juga sama dengan uang yang beredar di Masyarakat. yaitu sebagai alat transaksi. Kita bisa melakukan transaksi menggunakan bitcoin dengan orang diseluruh dunia yang melegalkan mata uang Bitcoin sebagai alat pembayaran yang diterima. Namun di Indonesia Bitcoin hanya dianggap seperti asset digital bukan sebagai mata uang yang sah. Karena pemerintah melarang hal tersebut dan tetap mengakuai mata uang Rupiah yang menjadi mata uang yang sah di Indonesia.

Siapa Itu Bitcoin?

Berikut spesifikasi bitcoin yang saya ambil dari situs wikipedia.
Buku besarTransaksi diverifikasi dan dilindungi oleh jaringan peer-to-peer desentral.[1]
Diperkenalkan3 Januari 2009
PenggunaInternasional
Pencetakan25BTC setiap sepuluh menit
 SumberTotal BTC in Circulation
 MetodeNilai Bitcoin baru akan berkurang setengahnya setiap empat tahun sampai jumlahnya mencapai 21 juta BTC[2]:17
Subsatuan
 .00000001satoshi[3]
SimbolBTC, XBT,[4] BitcoinSign.svg, ฿ (sama dengan simbol baht),[5] Ƀ[6]

sumber : wikipedia

Kenapa Harus Bitcoin? 

Kenapa kita harus memiliki bitcoin?. menurut saya bitcoin memiliki masa depan yang cerah. Dengan teknologi yang mengedepankan kecepatan dalam bertransaksi dan kita dapat mentransfer berapapun yang kita mau tidak seperti pecahan uang kertas yang beredar di Indonesia.

Bagaimana cara mendapatkan Bitcoin?

1. Trading

Oke yang pertama yaitu Trading. Kita dapat mengumpulkan bitcoin dengan memanfaatkan selisih harga bitcoin di pasar yang menukarkan bitcoin. trading sangat dianjurkan bagi kalian yang memiliki ilmu dalam trading. kalian bisa menemukan tutorial lengapnya di google.com. sangat lengkap. atau kalian dapat mengikuti kelas trading yang diselenggarakan oleh komunitaas trading yang berpengalaman. Kalian bisa melakukan trading bitcoin di Bittrex, Poloniex, dan indodax.com

*Indodax merupakan salahsatu situs trading yang ada diindonesia

2. Mining

Yang kedua yaitu mining. mining yaitu mendapatkan bitcoin dengan memecahkan blok blok yang berada pada jaringan transaksi bitcoin. Dari tahun ke tahun Bitcoin sangat susah untuk ditambang karena  sangat banyak miner ( sebutan orang yang melakukan mining ) yang melakukan mining dengan super komputer.

3.  Gratisan

Yang terakhir "Gratisan". saya akan membaginya menjadi 3 yaitu :

a. Main Faucet

Yang pertama yaitu main fauchet kita tinggal mengunjungi fauchethub.io dan buat akunnya. setelah itu isi address bitcoin dan lainya. addressnya ambil di indodax.com. prinsip kerja faucet sangat mudah. kita tinggal mengisi address kita dan claim secara gratis :D. namun sangat lama sekali. Mungin minggu depan saya akan posting claim faucet di faucethub otomatis. jadi kita bisa hemat kuota internet hehehe.

 b. Giveaway / Airdrop

Yang kedua " Giveaway" kita bisa mendapatkan bitcoin dengan cara mengikuti giveaway orang lain. Biasanya kita disuruh mengerjakan tugas ringat sebagai syarat giveaway tersebut. Kalian bisa mengunjunginya di facebook , bitcointalk.org atau di CN Airdrop 

 c. Bounty Hunter

 Terakhir yaitu menjadi bountyhunter. Ini mirip seperti giveaway. Namun ini kita ditugaskan mempromosikan sebuah projek dan mendapatkan reward setelah mempromosikan atau sampai projek tersebut selesai. yang ini akan saya share bagaimana cara mingggu depan :D

Demikian postingan dari saya tentang "Pengertian Bitcoin dan Cara Mendapatkanya" semoga dapat menambah pengetahuan kalian. Bila ada yang ingin di tanyakan bisa komentar dibawah atau langsung kontak saya via FB, Twitter, Telegram atau Whatsapp. Salam Araka ID




Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Berkomentarlah degan sopan