Cara Membuat Pintasan di Linux Debian 9

Selamat Pagi,
.
Apa kabar kalian? pasti baik-baik saja, hehehee. Kali ini admin mau membagikan artikel ringan tentang "Cara Membuat Pintasan di Linux Debian 9". Mungkin bagi kalian yang merupakan user jendela mungkin sudah tahu maksut saya membuat artikel ini. ya pintasan. Pintasan atau juga bisa disebut shortcut yaitu sebuah cara untuk membuka sebuah aplikasi ataupun perintah tertentu dengan menekan tombol istimewa pada keyboard yang telah disetting.

Mungkin bagi kalian pengguna windows sangat terbiasa menggunakan perintah "Win+E" untuk membuka windows explorer atau "Ctrl+Shift+Esc" untuk membuka Task Manager. Tapi untuk pengguna linux kita tidak dapat melakukan itu. Karena itu setingan default dari Windows. Tapi tenang saja bagi kalian pengguna bisa melakukan ini. hehehehe. langsung simak saja dibawah ini :

Baca : Mengenal Lebih Dekat Distro Linux Debian
  • Tentukan aplikasi apa yang ingin dibuat pintasan/shortcut. Bisa dilihat di main menu. Bisa kalian lihat dibawah ini. Saya akan membuat shortcut untuk System Monitor yang memiliki command "gnome-system-monitor" yang kita ambil yaitu commandnya bukan namanya. Jika sudah tahu commend aplikasinya bisa di skip dan langsung ke nomer 2.


Cara Membuat Pintasan di Linux Debian 9

  • Setelah kita mendapatkan command aplikasinya kita ketahap kedua dengan setting shortcutnya. Kita buka Setting > Keyboard > Shortcuts > Custom Shortcut. Lalu kita klik add custom shortcut dibagian bawah dan isi Nama dan Commandnya seperti dibawah lalu klik ok.


Cara Membuat Pintasan di Linux Debian 9


  • Setting Keyboard bindings sesuai selera kalian bisa lebih dari satu. Caranya dengan klik dua kali pada unassigned dan pencet tombol keyboardnya. Setelah selesai setting pintasanya coba kita cek. disarankan untuk tidak memakai keyboard binding yang telah dipakai oleh aplikasi yang lain.

Oke demikian artikel yang bisa saya tulis dengan seadanya. mohon dimaafkan apabila ada typo yang kurang berkenan dan ada yang sulit memahami saya mohon maaf artikel "Cara Membuat Pintasan di Linux Debian 9" ini hanya untuk arsip pribadi karena tidak begitu penting. Semoga bermanfaat bagi kalian semua. Oh ya kalau tidak paham bisa komentar dibawah atau yang punya saran juga bisa komentar di bawah. Salam Araka Id.


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Berkomentarlah degan sopan